Monday, October 20, 2008

Yahoo Messenger via sms pake 3 (Three) - YMan di hape..



Setelah banyak teman-temanku yang sibuk.. dan kurang informasi tentang salah satu fasilitas ini, well.. aku bakal jelasin sedikit di sini.. YM.. baca: Ye-eM.. or some people pronounce it as ‘wai-em’ .. biar agak trendy katanya.. hahaha..

Saat YMmu aktif.. pilih sign in to mobile.. ikutin langkah2 disana.. dan kamu bisa langsung terima pesen YM di hapemu.. tapi kalo kamu balas pesen itu… masih harus bayar.. dan itu bisa bikin pulsa langsung habis.. contoh.. untuk telkomsel.. setauku.. 500 rupiah tiap kali balas.. hehe..

Nah.. three memudahkan kita untuk membalas
Syarat utama.. kamu harus punya id YM.. hape berkartu three.. dan pulsa 11 ribu keatas..

Langsung aja daftar..
Ketik REG [spasi] RAMAL.. hahaa..
bukan lah.. Ketik YM, kirim ke 333..
Tunggu balesan.. dan kamu udah bisa pake hape kamu buat YM..
Terus pertanyaannya..?? gmana tuh bentuk YMnya..??

Singkatnya.. kita punya nomer server… yaitu adalah 92466.. mungkin ini adalah gerbang menuju server yahoo sendiri.. apalin nomer itu.. karna penting.. hehe..

Kita bisa pake id YM apa aja.. (asal masih aktif).. dan bisa ganti2 id juga..
semaunya.. jangan lupa out dulu kalo mo sign in pake id laen.. ok?

Cara sign in.. : Ketik IN ID Password,, kirim ke 92466
Cara sign out : Ketik OUT,, kirim ke 92466
Lihat teman yg online: Ketik GET kirim ke 92466
Biasanya yang ditampilin cuma 6 id per sms, jadi misal yang online lebih dari 6.. kamu bisa lanjutin untuk liat lagi siapa saja yang online dengan.. Ketik GET MORE … kirim ke 92466.. dan seterusnya..

Nah.. kamu bakal dapet balesan.. tentang siapa saja yang onlen.. dan temen2 kita di YM bakal punya nomer2 khusus.. 92466xxx… misal id mgmlch di YMku di hape.. bernomer 92466338 … kita anggap saja angka yang aku bold itu adalah nomer id dia.. jadi kalo kita mau kirim pesan ke mgmlch.. tinggal kirim sms biasa ke 92466338.. dan dia bakal terima di YM juga.. sama juga saat dia bales.. nomer yang sama akan muncul,. Jadi nomer ini bisa kita save juga di phonebook.. layaknya nomer hape yang laen..

Terus.. tentang smiley.. kadang yang bikin YM seru adalah smileynya.. walau kita pake hape, bukan berarti kita ga bisa ngirim smiley.. asal kita hapal kode smileynya.. kita tulis aja.. misal :D (mringis) , :)) (ketawa) , =)) (ngakak). :* (cium)…. Kode2 itu tetep bakal muncul sebagai smiley di YM penerima.. sekedar tips, di menu hape kamu, biasanya ada pilihan tentang smileys, biar ga repot nulis kode2 yang agak ribet itu.. edit aja smiley yang di hape, ganti pake smileyna YM.. jadi pas bales message, kamu tinggal insert smileys aja.. ga perlu nyari kode2 lagi kan?? hmm.. ini selengkapnya kode smiley or emoticons..

Yahoo Emoticons
Hidden Emoticons
All emoticons

Kelemahan dan keterbatasan..

Selain kelebihannya.. yaitu murah..
Ada keterbatasan tentu saja.. hehe..
Pegel.. karena kita pake jempol doank.. sedangkan mereka pake keyboard di PC yang wpm nya (wordperminute) jelas jauh lebih banyak dari kita.. bayangin kalo chat ama 2 orang ato lebih.. dan tentu aja kudu rajin hapusin inboxmu.. hehe..

Buat yang list YMnya udah lebih dari 1000 ID,,, aku saranin.. bikin ID baru.. terus masukin ID yang penting2 aja.. terus ID itu yang dipake via sms.. karena kalo idnya kebanyakan.. dan kita maksain via sms… id yang udah dapet nomer 92466400 keatas.. ga akan bisa dikirim lewat nomer.. kita harus kirim via id.. (dengan cara KETIK to idtujuan pesan),, kalo idnya gampang semacam andik6 seh gapapa.. tapi kalo idnya taz_bernadt_9urls misalnya.. haha.. kriting tuh jempol.. harus ngetik id itu tiap kalo kirim pesen ke dia.. haha.. cukup ribet kan?

Ga bisa conference.. yah jelas lahhhhhhhhh….
Ga bisa voice… yah tentu sajaaaaaaaaa..
Ga bisa liat gambar.. masa gini aja ga tauuuu..
Dsb…

Jadi.. YM via sms ini adalah YM yang kita pake saat ga bisa akses PC dan semacamnya..
Ga di anjurkan untuk chat terus menerus lewat cara ini.. cuma untuk saat darurat.. feature via sms ini sangat berharga.. Yang penting kita bisa berkomunikasi via YM.. kalo emang niat mo chat lama… mending pake PC lah.. ato bela2in ke warnet lah.. dan sebagainya lah..

Ok??

Semoga membantu..

JaRan

No comments: