Tuesday, June 09, 2009

Cara membuat drive icon, folder icon, dan background image di usb flashdisk dan removable storages!

Ini untuk orang yang berniat bikin sendiri folder-folder dan image yang ingin dipakai:

1. Buatlah new folder di komputermu, sebut saja namanya mawar,, hahah, kasih aja nama icon and background.

2. Buat 4 atau lebih folder didalamnya. Kalo di versi buatanku, aku bikin 5 folder, namanya Documents,Musics,Softwares,Pictures, dan others. Cara mudah bikin folder baru (Alt, lalu pencet F , W , dan F lalu enter, ulang sampe sekian kali)

3. Klik kanan salah satu dari folder tersebut, properties --> costumize --> change icon --> pilih icon standar windows, kemudian apply dan ok. (lakukan itu untuk folder-foler yang lain). Kostumisasi icon ini hanya bisa dilakukan jika letak folder ada di hardisk komputer, jika ada di flashdisk, kostumisasi icon tidak bisa dilakukan.




4. Setelah semua folder diberi icon, sekarang siapkan background, berekstensi JPG, beri nama 1.jpg, dan file icon berekstensi .ico, beri nama 1.ico. Kemudian copy dan paste di folder icon and background.

5. Sekarang kita membuat file .inf untuk memanggil icon 1.ico tadi. Buka Notepad,
ketik

[autorun]
Icon=1.ico

save as autorun.inf di folder folder icon and background.

6. Langkah berikutnya kita membuat file .ini, untuk memanggil gambar sebagai background, atau latar belakang. Buka notepad copy and paste script di bawah ini :

[{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}]
Attributes=1
IconArea_Image=1.jpg
IconArea_Text=0x00FFFFFF

save as desktop.ini di folder folder icon and background.
jika ingin mengganti warna font, ganti FFFFFF (putih) dengan string 6 karakter yang lain kombinasi antara F dan 0 (nol), misal 000000 (hitam), 00FF00, 0000FF, FFFF00, dsb. Bisa disesuaikan dengan warna gambar background yang kamu pakai. Kalo gambarmu putih, dan pake FFFFFF, nanti tulisan nama folder ga akan ada yang keliatan, jadi kalo background putih, ganti FFFFFF dengan 000000 (hitam).

7. Selesai. Sekarang ada 4 atau lebih folder ber-icon, 1 file gambar jpg, 1 file ikon .ico, 1 file .ini, dan 1 file .inf. (4 file terakhir, icon-gambar-inf-ini, tidak boleh berpindah tempat, harus ada di luar folder-folder flashdisk, sebaiknya dihidden saja, agar tak sengaja terpindah)

8. Copy semua file itu , dan paste di flashdisk kamu. Dan aturlah file-file yang akan kamu simpan di flashdisk sesuai foldernya. 4 file terakhir (gambar, icon, .inf, dan .ini) sebaiknya dihidden agar lebih rapi. Jangan lupa, suatu hari nanti iconmu flashdiskmu tidak muncul di komputer, artinya ada virus yang mengubah file inf kamu, sehingga file icon tidak terpanggil oleh file inf.

Screenshot (ekstensi file aku sengaja tunjukkan, sebelum dipindah ke flashdisk)



Selamat mencoba!!

No comments: