Tuesday, June 09, 2009

Tips Sederhana Menghindari Virus Lewat Flashdisk (dengan icon, folder icon, dan background image)

Virus-virus emang banyak banget yang berasal dari internet, dari YM yang terakhir-terakhir ini paling sering nyerbu, tiba2 ada temen yang buzz.. dan ngirim link,, dan kalo aku klik link itu. aku juga bakalan otomatis ngebuzz-ngebuzz juga nantinya... hebat yah virusnya..

Nah, walapun internet jadi sumber virus, tapi media penyebarnya yang paling banyak berperan adalah USB Flasdisk kita masing-masing. Maka dari itu biasanya, kita harus sedia antivirus dan sebagainya, jadi waktu ada temen kita mau minta data, lagu, atau bokep.. hehehe, komputer kita ga akan kena virus dari flashdisk itu..

Menurut pengalaman, antivirus kadang berlebihan sekali dalam memutuskan sebuah file itu virus, dan lebih parah lagi, kita sebagai manusia nurut-nurut aja ma antivirus. Kadang memang ada file yang tidak berbahaya, eh,, diidentifikasi sebagai virus.

Selama beberapa tahun, aku ga pernah instal antivirus di komputer tua saya ini, alasannya?? yah, bukan karena gaya2an, tapi karena memang komputer saya masih komputer tua (pentium III, SDRAM 256), hehe, jadi kalo pake antivirus jadi serasa beraaat kalo ngapa2in. Nah, terus nanti gimana kalo ada flashdisk yang nancep ke komputer?? yah,, antivirus manual.. yaitu mata, hati dan pikiran.. hwahahhahah.. Tapi terbukti kok, komputer saya lebih awet systemnya daripada teman-teman yang lain, aku instal ulang dalam setahun paling cuma 1-2 kali. Ada temanku, namanya Cmoet (baca:semut) dalam sebulan pernah nginstal ulang sampe 14 kali... hehe,, agak berlebihan ne.. tapi pokoknya lebih lah kalo 8 kali sebulan.

Jadi langsung aja...

1. Tips pertama!! = ini yang paling penting, MATIKAN AUTOPLAY alias menonaktifkannya!!!, klik start --> run --> ketik gpedit.msc (group policy) --> kirim ke 333 (haha, skip this step!) --> Computer Configuration --> Administrative Templates --> System --> Turn off Autoplay --> enable --> all drives., pilih user configuration dan lakukan hal yang sama.
Kenapa ini penting?? Karena virus yang menyebar lewat flashdisk memanfaatkan fitur autoplay windows ini untuk membaca autorun.inf di Flashdisk itu, dan file itu memerintahkan file .exe virus untuk dieksekusi, makanya tanpa kita ngeklik virusnya, komputer kita langsung terinfeksi virus sesaat setelah flashdisk ditancapkan. Jadi, dengan mematikan autoplay di windows, kita lebih aman, karena jika kita tidak meng-klik file .exe virus itu, maka kita tidak akan terinfeksi.



Biasanya, flashdisk yang telah kena virus, menyimpan 2 file utama penyebar lewat autoplay, dan biasanya udah hidden. (1 file .inf tadi dan 1 file .exe)

2. Ini tips untuk flashdisk kita masing-masing, cara kerja virus tadi sungguh luar biasa cerdas, maka dari itu, kita gunakan cara yang sama yang dipakai virus tadi untuk melindungi flashdisk kita, dan komputer kita. Caranya, flashdisk harus ditata rapi, dengan Drive Icon, Folder Icon, dan background image. Silahkan download disini jika ingin memakai settingan di flashdiskku.

Download Setting background and Icon

Ne contoh screenshotnya.. DUMPED itu nama flashdiskku,, namanya kayak gitu,, soalnya flashdisknya udah dibuang ma temenku,, tapi jadi milikku setelah aku service sendiri. hehe..





Cara pakainya mudah, tinggal ekstrak semuanya, dan semua folder2 itu dicopy dan paste ke flashdisk yang sudah diformat, atau yang mau ditata rapi. Ada beberapa folder di dalam settingan itu, masukkan file-file di flashdiskmu sesuai dengan jenis folder, misal file ketikan dan pdf, masuk ke folder documents, dan file mp3 ke folder MuSics, video dan film, masuk ke Videos, dan seterusnya. Lalu ada 4 file yang ada di luar folder, yaitu : autorun.inf, 0.ico, desktop.ini, dan 0.jpg. 4 file ini lah yang menjadi pertahanan pertama kita dari virus di komputer lain, sebaiknya di hidden saja, select 4 file itu, klik kanan-->properties-->centang hiddennya-->apply-->ok.

setelah semua file telah ditata, safely remove flashdisk kamu, dan tancapkan lagi. nah, akan keliatan icon flashdisk kamu my computer dan explorer. icon hati yang lucu.. hehe..

3. Bawalah flashdiskmu kemana aja.. dan tancapkan kemana aja juga... dan nanti jika suatu hari kamu menancapkan flashdiskmu ke komputer sendiri, dan icon hati yang lucu itu ga keluar.. o..ouw... anda dalam bahaya, virus telah menginfeksi flashdisk anda. Tapi belum menginfeksi komputer anda, Karena autorun telah kita matikan.

Ini postingan sederhana, hanya sekedar memakai dan mencegah virus masuk ke komputer anda. Tapi bukan berarti 100% aman lho, karena virus terus berkembang, dan ini hanya berlaku pada virus yang memanfaatkan autoplay windows aja.

Untuk postingan berikutnya, cara membuat icon drive, folder icon, dan background image di flashdisk!!! Jadi kamu bisa buat settingan sesuai yang kamu inginkan.

Semoga postingan ini membantu!!

Jaran

2 comments:

ack said...

thanks for info

Anonymous said...

Terima kasih tips nya, cukup bermanfaat buat ane yang baru belajar komputer, salam kenal ya? By Rofif