Tuesday, January 18, 2005

Lolos seleksi seh no 1.. tapi.... huiks!!

Ian kecil ngabarin kita,DaemoN Aerish..
"suk neng ampta ono band2an... melu seleksi yah.. !"
kerana kita tahu bahwa sesungguhnya dia adalah wakil ketua panitia acara tesebut..
kita bilang...
"moso kudu seleksi...??" *cari gampang n enaknya...*
"wah.. sorry guys.. no KKN.. jurine Irwan kok, melu seleksi waelah... , ok?"
"ooo... ya wes siplah... ",kita menjawab bersama seperti anak TK menjawab gurunya..

**
sebenernya aku aga ga suka yang namanya seleksi kaya begini.. panitianya temen sendiri, jurinya temen sendiri.. ini namanya seleksi2an.. pasti lolos.. dulu juga pernah seh.. pas sama Ronggowasito, seleksi di alamanda.. wah.. maennya ga serius.. tapi kita tahu pasti lolos.. ya udah.. lolos dah.... tapi ga fair banget rasanya.. sebel juga.. tapi waktu itu kan aku cuma additional aja.. jadi ga mau ngomong macem2...

misal dari 28 band.. seleksi.. terus rencana mo diambil 5 band. padahal panitia udah nentuin band2 yang bakal lolos.. paling ngga 2 band.. kasian ga tuh band2 yang laennya.. padahal kan ikut seleksi bayar 20.000-25.000an..
soalnya aku pernah ikut seleksi yang model begituan.. tapi waktu itu aurora(daemon aerish skrg) ga seberuntung Ronggowarsito yang punya koneksi ke dalam..
huh... sebal...

**
seleksi tanggal 11 di Gong.. jurinya ada 3.. dari studio itu., irwan ama adrian..
sampe sore kita di studio.. ngejam bareng pas studio kosong.. wah pokoknya puas n gratisan...
akhirnya Irwan buka mulut..
"eh.. kalian lolos no 1.. tapi jangan bilang2 yah.."
aku pikir itu cuma part of conspiracy... tapi terus aku tanya..
"nilainya berapa wan.. dari masnya yang studio... ?"
"90 poin, dia ngasih nilai tertinggi buat kalian.. , kalo aku ngasih ke kalian 95, si ian 75... ditotal aja.."
waaaaaaaaaaaaa... ternyata ini bukan conspiracy... ini mutlak seleksi...
huh... senangnya...

**
kita manggung tanggal 15...
siang hari.. jam 11.20
jam sebelas kita udah nyampe disana... masih lengang.. tak satupun penonton..
paling2 juga panitia.. terus ama band seleksi.. plus suporternya..
ama orang2 ampta sendiri..
acaranya mundur... kita maen jam setengah satuan..
sedih.. masih sepi ga ada yang dengerin lagu kita.
tapi ya gimana lagi...
ini bagian dari proses..
kita perlu nglewatin tahap ini sebagai sebuah band..
tahap dimana manggung dan ga ada penonton..
alatnya busuk..
lagu terakhir "Patah hati" charlie ga maen.. kabelnya rusak.. dia cuma bisa nampang..
walah.. piye kie..
ya udah.. selesai.. sedikit tepuk tangan..
aku turun panggung dengan menyimpan kekesalan...
menuju ruang ganti sambil nenteng gitar kesayangan..

**
Aku duduk2 di depan ruang artis.. alias ruang ganti.. sambil ngerokok n liat band selanjutnya yang manggung..
tiba ada co.. keliatannya anak kalimantan., berjalan ke arahku sambil ngliat aku..
dan langsung duduk di sebelahku.. dia nepuk bahu kiriku sambil bilang..
"bang.. tadi maennya bagus lo.. saya suka lagu2nya.. bagus. ."
seketika... angin bertiup sejuk banget di hati yang sedang panas oleh api kekesalan..
fiuh.. lega..

**
dari situ aku mikir..
penghargaan seorang artis bukan hanya dinilai dari jumlah penjualan kasetnya aja..
tapi pendapat pribadi orang itu yang lebih berarti..
sebuah band akan jadi terpandang dan lebih bernilai..
logikanya.. ga semua orang beli kaset ato cd..
sekarang ada mp3.. aku aja lupa kapan terakhir aku beli kaset...
tapi aku selalu respect banget ama sheila.. GIGI.. Padi.. dream theater.. bonjovi.. glen.. dashboard confessional.. dll..
cuma aku ga pernah ada cukup uang untuk beli sebuah kaset...
tapi masih cukup untuk sewa mp3 di rental.. yang cuma 1.500 ato 2,000 itu..
........

JaRaN

No comments: