Sunday, October 23, 2005

tentang kesetiaan...

haree geenee ngomongin setia..??
halah.. malasnya..
penting yah..?

tapi gimanapun juga emang harus diomongin..
yah walau semua ini bisa ada karena ketidak setiaan..
tetep aja.. kadang jadi ganjelan alias kekawatiran bakal terulang lagi..

huh..
entah kenapa.. aku pengen bisa or at least berusaha banget buat setia..
padahal sebenernya apa seh setia itu..??
mo ngapain setia? kadang setia juga bisa jadi munafik kan..??

setia adalah pembatasan diri..
jujur.. gimanapun mo belain kalo setia itu ga batesin.. tetep aja bakal batesin diri kita.. jadi bener2 kita kudu rela untuk ga dapetin hal2 yang udah diluar bates itu.. kalo emang uda rela ya ga papa.. tapi kalo emang masih setengah2.. hmm.. itu jadi masalah dunk.. apalagi kalo cuma nyenengin pasangannya.. haduh.. ini bakal jadi bom waktu yang bisa meledak kapan aja.. buummm ..!!

setia adalah kehilangan sebagian hidup..
yah.. kadang emang gitu.. dalam sehari kan ada 24 jam tuh.. bandingin misalnya kita lagi setia dengan pasangan.. terus ama yang kita lagi jomblo atawa bebas.. sehari itu kalo ditimbang bakal beda kan.. yah.. emotionally, mungkin kita bakal bilang..
"hari ini aku gapapa banget kok.. bisa mempertahankan kesetiaanku.. aku bisa batesin cara aku berteman.. ga deket2 ama orang2 yang dicemburuin ama cowokku.. terus.. aku juga ga bisa deket banget ama temen2ku cowok yang dulu.. ya gitu de.. aku kan udah ada cowo sekarang.. setia dunk!! ya ga seeh.. "
tuh.. gimana..? berkurang banyak kan sebagian dari proses hidup yang seharusnya bisa kita ikuti.. tapi jadi terbatasi de ama kesetiaan..

setia adalah kemunafikan.. (sometimes...)
yah.. yang ini emang bener banget.. karena keterikatan atas tingginya kesetiaan kadang kita sangat mengabaikan kepentingan kita sendiri.. kita terlalu kawatir nglukain ato nyakitin pasangan yang kita setiain.. dan semua kepentingan diri sendiri dikesampingkan tanpa keberatan sedikitpun.. kadang didasari oleh cinta.. dan keindahan sebuah kelanggengan sebuah hubungan.. well.. saat.. pengorbanan itu terasa indah.. ga masalah.. saat udah mulai menahan hati.. dan bener2 tersiksa dengan kesetiaan itu sendiri.. kesetiaan jadi bullshit de.. cuma ganggu hidup aja.....

yah.. sebenernya ga separah itu seh.. kadang aku cuma pengen tau aja gimana seh setia itu..? ada yang komen? ada yang protes? sok aja de...
mungkin ada yang perlu aku bilang.. setia itu bukan hal utama dari pacaran ato hubungan apapun juga.. yang penting tetep aja perasaan yang ada.. lagi2 cinta yang jadi kata kunci dan harusnya masih terus bertahan..
saat cinta itu emang masih ada.. setia bukan kemunafikan.. dan kesetiaan itu bakal muncul dengan sendirinya.. walaupun setia tetep aja masih ngurangin sebagian hidup dan pembatasan diri.. tapi sama sekali bukan kemunafikan kalo kondisinya kaya gini..
yah.. semuanya menjadi hal yang emang seharusnya.. keikhlasan dan cinta itu jadi dasar sebuah hubungan...

halah.. malesnya aku jadi sok ngomong bijak..

"haduh.. jaran.. kamu itu bukan salah satu orang yang setia.. dan kamu sengaja buat nulis ini untuk pembelaan diri kan?" andika said..
"hhmmm.. ga juga.. emang ini kan sebenernya..." setengah ngeles ..
"terserah de.. moga2 aja kamu emang bisa... "
"ya.. please doain aku ya.. " begging..


JaRaN
*in his struggle.. *

No comments: